Senin, 26 Maret 2012

DaRi CondEt SamPaI LabUAn CiTy

Waktu menunjukkan pukul. 15.00 wib tepatnya jam3 sore..pada hari sabtu…kutekatkan niatku untuk berangkat menuju kampung halaman...Labuan City…,kampungku yang penuh dengan cerita ……penuh dengan keceriaan…..penuh dengan keramahan….penuh denhan keharmonisan...dan penuh dengan kedamaian....., Akhirnya kukemasi barang-barangku mulai dari pakain, celana, handuk,sabun,dan yang lainnya….yang harus aku bawa untuk perbekalan selama berada di labuan. Aku lihat jam sudah menunjukkan jam ½ 4 Sore…Adzan telah berkumandang di masjid memanggilku untuk memenuhi kewajibanku kepada sang pencipta Alloh SWT.Akhirnya sebelum berangkat aku sholat dulu....,setelah kutunaikan kewajibanku akhirnya kubergegas untuk menuju labuan…Go To Home….

            Waktu sudah menunjukkan hampir pukul 4 sore kuberdiri di samping jalan raya untuk menunggu Angkutan umum jurusan kp.melayu-kp.rambutan…tetapi tak kunjung tiba, padahal cuaca sudah semakin mendung dan hari sudah semakin sore….aku berdiri lama sekali, kakiku sudah merasakan pegal-pegal akau mau duduk tak ada tempat duduk…masa aku mau duduk di atas troroar sih ntar aku disangkanya orgil lagi alias orang gila.tapi setelah begitu lama kumenunggu akhirnya simerah kuning bak seperti ikan mas koki dateng juga. “allhamdulillah ucapku didalam hati……”Akhirnya datang juga….he..he..he…” tapi sayangnya aku gak kebagian tempat duduk weleh…weleh sama aja donk bodong…”setelah sesampainya di kp. Rambutan ku harus menunggu lagi mobil bus jurusan kp.rambutan-merak….tapi menunggu di sini lebih enak, banyak tempat duduk..banyak yang jualin makanan…banyak yang jualin minuman ….banyak cewek lewat…eh salah….he..he..he…^_^ yang jelas gak ngebetein dech….”

            Akhirnya kulihat jam yang tertempel di dingding tukang nasi alias warteg sudah menunjukan jam 5 kurang dikit….bus yang akan ku tumpangin belum juga muncul….aku tetap bersabar walaupun agak gondok dikit….setelah lumayan lama akhirnya datang juga bus nya….BISSMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM akhirnya kutumpangin tuh bus….lalu aku duduk di kursi paling pojok dekat jendela…kulihat langit sudah mendung seakan dia akan menurunkan hujan yang akan menyuburi bumi ini….tik..tik…suara pantulan air hujan ke kaca jendela dekatku semakin lama semakin deras hujan yang turun dari langit….akhirnya ku bersandar untuk tidur menghilangkan semua kelelahan dan kepegalan…tak lama kemudian aku terbangun karena bisingnya pengamen bus yang sedang bernyanyi ….setelah pengamen bus itu berhenti mengakhiri aktivitas kesehariannya datanglah para pedagang asongan yang turut meramaikan suasana di dalam bus…mereka berteriak menawarkan dagangan yang mereka bawa kepada penumpang “..BU Tahu BU….Pa KacaNG Pa….” Tapi ada Yang bIlang “sayang anaK..sayanG anaK …”terus ada juga yang bilang “Uli-Uli…masih anget nih Uli Nya…”Mereka berteriak dari pintu depan sampai pintu belakang subhanallah….”

Lalu ku pejamkan lagi mataku untuk melepas lelahku yang sedikit terganggu….lalu tak lama kemudian selang sekitar sepuluh menit dari pedagang asongan tadi…. “Assalmualaikum warrahmatullahi wabarakatuh….” Aku sentak terbangun..lalu ku nolehkan wajahku kehadapan yang mengucapkan salam tadi…ternya anak kecil brumur sekitar tujuh sampai delapan tahun….aku bertanya-tanya dalam hati…mau melakukan apa anak sekecil ini ….dia tidak membawa kecrekan ataupun gitar layaknya pengamen…dia tidak membawa makanan ataupun minuman layaknya pedagang asongan….lalu mau apa anak ini disini..tanyaku dalam hati sembari penasara tentang apa yang akan dia lakukan… “Assalamualaikum…”ulang dia memberi salam kepada kami… “bapak2…ibu2…kakak2 ku yang di rahmati Allah SWT… “Saya disini Seperti biasanya berdiri unTUk meminTa BelAS Kasihan Dari Bapak-BaPak Dan Ibu-Ibu sekaLIan…” ini adalah puisiku untuk kalian semua yang berjudul “Aku AdaLah Si Miskin…” sentaknya  “aku terlantar di jalanan….Aku Tak pUNya aYAh…..Aku TaK PUnYa IbU…..AtaP RUmaHKu adaLAh jemBataN Yang di ataSnYa SelalU Di LalUi OLeh mObIL MewAh Si KaYA…..DindiNg ruMahKU TerbUat DarI KardUS –Kardus BeKAs…..Lantai RumaHKu DarI TanaH ……kamar MAndiKU adalah SunGai-sUNgaI YanG teLah diKotori LimBaH –LimBaH Industri Si KayA…..AkU ADALH Si MIsKIN……LalU Di MAnaKAh KeAdiLAn Itu…..AkU TaHU Alloh MemAnG AdIL…..AlloH TeLaH menCipTaKAN Si KaYa…DaN sI MIsKIN……tetApI ManUsIa LaH Yang TaK  perNah AdIL…..AkU ADaLH SiMIsKIN…. YanG seLaLU MemINTa BeLas KAsiHAn Si KayA…….Wassalamualaikum…” Aku langsung terkagum mendengar puisi anak  dengan suara yang lantang dan keberanian yang kuat dia meluluhlantakkan hati kami yang selalu dirundung kesombongan dan keserakahan...”Asstaghfirullohaladzim..ucapku berbisik”.

Tak lama kemudian Akhirnya sampai juga di terminal pakupatan serang, waktu sudah menunjukkan pukul 18.40 menit, lalu aku mampir di mesjid terminal pakupatan untuk menunaikan shalat maghrib….setelah shalatku selesai aku langsung naik mobil Asli jurusan Xderes-Labuan…..Akhirnya setelah pukul. 21.30 aku sampai dech di labuan  kampung halaman ku…..begitulah cerita perjalananku dari jakarta sampai labuan…asik gak asik….asikin Aja…udah dulu ya….Wassalamualaikum…..^_^”.^_^".TerSenYUMLaH UntuK PeRsaTUaN UMaT IsLAM.....